Kunci Mudah Belajar Bahasa Arab

Kunci Belajar Bahasa Arab

 

Berdasarkan pengalaman pribadi, belajar bahasa Arab itu sama dengan belajar bahasa asing lainnya. Kuncinya ada di kosakata sama keberanian untuk mulai mendengarkan (yastami’/listening), berbicara (yatakallamu/speaking), membaca (yaqro’u/reading) menulis (yaktubu/writing).
 
Disadari atau tidak, sebenarnya bagi orang Islam, belajar bahasa Arab sudah dimulai sejak lahir. Sesaat setelah kita lahir, ayah kita membacakan lantunan azan. Itu, secara tidak langsung kita sedang menyimak/mendengarkan kalimat berbahasa Arab. Di tambah lagi ketika masa kanak-kanak, kita belajar mengaji dan belajar kitab fiqih, seperti sullamul munajat, sullamut taufiq dan kitab lainnya, itu pun berbahasa Arab.
 
Mungkinkah ada yang salah dengan cara kita belajar mengaji dan belajar kita kuning sehingga kita masih awam dengan bahasa Arab? tidak cukupkan kitab jurumiyah dan imrithi sebagai pedoman untuk berbahasa Arab, baik secara lisan maupun tulis???
 
Dan, kenapa berbahasa Arab tidak menjadi perioritas di pondok pesantren tradisional yang sehari-hari akrab dengan nahwu dan shorof? Menurut saya ini janggal. Semestinya santri pondok pesantren tradisional harus lebih fasih dan jago berbahasa Arab secara lisan maupun tulisan. Karena, santri di pondok pesantren tradisional selalu bergulat dengan kitab kuning, nahwu, shorof dan bahkan balaghah.
 
Setelah saya renungkan, memang ada yang kurang.
 
Seharusnya santri diajari bahasa Indonesia akademis, agar bisa menerjemahkan secara baik teks kitab kuning tersebut ke dalam bahasa Indonesia, yang dapat dimengerti khalayak ramai.
 
Ditambah dengan pembelajaran kosakata/mufradat yang sehari-hari ditemui santri di kitab kuning, alqur’an, dan hadits.
 
Mungkin jika formula ini diterapkan, santri pondok pesantren tradisional akan bisa berbahasa Arab dengan lancar secara lisan dan tulis, juga produktif dalam menuliskan pemikirannya dalam bahasa Indonesia yang dimengeri secara nasional.

 

SyifArabic

SyifArabic Seorang Guru Bahasa Arab di SMA Lulusan S2 Pendidikan Bahasa Arab UIN Malang

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog Kami

Lebih baru Lebih lama