Memahami Teknik Pengumpulan Data & Instrumen Pengumpulan Data Penelitian

Memahami Teknik Pengumpulan Data & Instrumen Pengumpulan Data Penelitian

memahami teknik pengumpulan data dan instrumen pengumpulan data penelitian PTK PBA di syifarabic



TEKNIK PENGUMPULAN DATA

Dalam pemahaman yang sangat sederhana, TEKNIK PENGUMPULAN DATA diartikan sebagai cara peneliti dalam mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam penelitian yang dia lakukan.

Data-data yang dimaksudkan di atas adalah semua data, baik data primer, data sekunder, data kualitatif, data kuantitatif, data ordinal, data interval dan lain sebagainya.

Dalam konteks penelitian pendidikan bahasa Arab biasanya TEKNIK PENGUMPULAN DATA yang digunakan berupa TES dan NONTES. TEKNIK PENGUMPULAN DATA TES yang dilakukan seperti tes hafalan kosakata, tes pelafalan bunyi huruf hijaiyah, tes pemahaman tatabahasa Arab, tes kemampuan menyimak, tes kemampuan berbicara, tes kemampuan membaca dan tes kemampuan menulis. Bahkan terkadang juga ada tes kemampuan menerjemahkan teks Arab ke Bahasa Indonesia, maupun sebaliknya.

Sedangkan TEKNIK PENGUMPULAN DATA NONTES dalam penelitian pendidikan bahasa Arab, lazim menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner (angket).

Observasi adalah kita sebagai peneliti melakukan pengamatan terhadap subjek dan objek penelitian kita. Wawancara dilakukan dengan cara tanya jawab dengan informan penelitian yang kita butuhkan. Dokumentasi dilakukan dengan cara mendokumentasikan kegiatan penelitian yang kita lakukan baik secara audio, video, maupun gambar. Sedangkan kuesioner (angket) dilakukan dengan cara penyebaran lembar kuesioner kepada responden penelitian kita untuk mendapatkan data jawaban mereka terhadap pertanyaan di angket yang kita sebar.

Demikian penjelasan singkat terkait TEKNIK PENGUMPULAN DATA.

 

INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA

Sementara INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA diartikan sebagai alat/instrumen yang peneliti gunakan dalam mengumpulkan data penelitiannya. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data biasanya sesuai dengan TEKNIK PENGUMPULAN DATA yang digunakan. Jika teknik yang digunakan adalah tes, maka alat / instrumen tesnya berupa butir soal tes, atau materi yang kita tes-kan kepada subjek penelitian. Selanjutnya, jika teknik yang digunakan adalah teknik observasi, maka peneliti menggunakan lembar pedoman observasi. Jika menggunakan teknik wawancara maka peneliti menggunakan pedoman wawancara. Jika menggunakan teknik dokumentasi maka peneliti menggunakan alat perekam, kamera dan alat lainnya yang dibutuhka untuk mendokumentasikan kegiatan penilitiannya. Dalam penelitian kualitatif, ada satu lagi INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA, yaitu peneliti sendiri. Peneliti sebagai instrumen penelitian data pada penelitian kualitatif memerankan peran yang sangat penting, karena peneliti dapat mengumpulkan, mengetahui, merasakan, mendengarkan, dan menginterpretasikan semua data penelitiannya.

DOWNLOAD FILE PDF TEKNIK PENGUMPULAN DATA & INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA


SyifArabic

SyifArabic Seorang Guru Bahasa Arab di SMA Lulusan S2 Pendidikan Bahasa Arab UIN Malang

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog Kami

Lebih baru Lebih lama